A. Grup proses manajemen proyek
Dalam sebuah manajemen proyek terdapat sejumlah proses yang saling berkaitan
antara yang satu dengan yang lainnya, dan tiap-tiap proses tersebut membentuk
suatu grup proses Dalam manajemen proyek terdapat 5 grup proses yaitu :
a. INISIASI :
yaitu dilakukannya pendefinisian proyek
b. PERENCANAAN PROYEK :
yaitu mendefinisikan dan
merinci tujuan proyek, serta merencanakan aktivitas aktivitas yang dibutuhkan
dalam rangka mencapai tujuan proyek itu sendiri dan sesuai batasan yang telah
disepakati.
c. EKSEKUSI:
yaitu mengintegrasikan semua sumber daya yang
dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan proyek, dengan melaksanakan apa yang
sudah direncanakan.
d. KONTROL :
mengukur dan memonitor secara berkala kemajuan
proyek serta mengidentifikasi adanya penyelewengan pelaksanaan dari rencana
yang sudah dibuat sebelumnya.
e. Akhir melakukan formalisasi hasil proyek berupa barang atau jasa
yang dihasilkan dari proyek.
B.
Hubungan antara Grup proses dan area Knowledge
Knowledge berperan
penting dalam sebuah manajemen proyek terutama dalam pengawasan grup proses
manajemen proyek. Dimana grup proses adalah suatu rencana demi kelancaraan
proyek agar lebih mudah dalam memulai proyek dan tugas knowledge ialah memonitor
segala hal dari berbagai aspek yang terjadi didalam grup proses
1)
Inisiasi Proyek
Inisiasi proyek merupakan tahap awal kegiatan
proyek sejak sebuah proyek disepakati untuk dikerjakan. Pada tahap ini,
permasalahan yang ingin diselesaikan akan diidentifiasi. Beberapa pilihan
solusi untuk menyelesaikan permasalahan juga didefinisikan. Sebuah studi
kelayakan dapat dilakukan untuk memilih sebuah solusi yang memiliki kemungkinan
terbesar untuk direkomendasikan sebagai solusi terbaik dalam menyelesaikan
permasalahan. Ketika sebuah solusi telah ditetapkan, maka seorang manajer
proyek akan ditunjuk sehingga tim proyek dapat dibentuk dan berakhir ketika
manajer proyek diberikan otoritas juga petunjuk untuk memulai perencanaan.
2)
Dokumen Inisiasi
Merupakan dokumen yang berisi tentang tahap awal
kegiatan awal yang sudah dibentuk sejak sebuah proyek disepakati untuk
dikerjakan oleh tim proyek.
3)
Rencana Proyek
Adalah sebuah kerangka gagasan – gagasan dalam menjalankan sebuah manajemen
proyek dan demi mensukseskan apa yang menjadi tujuan manajemen proyek itu
dibuat.
4)
Eksekusi Proyek dan Pengawasan Proyek
Dengan definisi proyek yang jelas dan terperinci,
maka aktivitas proyek siap untuk memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan
proyek. Pada tahap ini, deliverables
atau tujuan proyek secara fisik akan dibangun. Seluruh aktivitas yang
terdapat dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi. Sementara kegiatan
pengembangan berlangsung, beberapa proses manajemen perlu dilakukan guna
memantau dan mengontrol pelaksanaan proyek jugapenyelesaian deliverables
sebagai hasil akhir proyek.
C. Membagnun Metodelogi
Manajemen Proyek TI
a. Sebagaimana dengan proyek yang bersifat unik,
demikian juga pendekatan kepada manajemen proyek.
b. Banyak organisasi membuat metodologi manajemen
proyek mereka sendiri, terutama untuk proyek IT
D. Perencanaan Proyek
o
Tujuan dan ruang lingkup proyek (Scope Management)
o
Waktu Pengerjaan atau jadwal proyek (Time Management)
o
Rencana Anggaran Biaya Proyek (Cost Management)
o
Kualitas Proyek (Quality
Management)
o
Sumber Daya Proyek (Resource
Management)
o
Manajemen Resiko (Risk
Management)
o
Perencanaan Komunikasi (Communication
Management)
o
Pengadaan (Procurement
Management)
o
Integrasi (Integration
Management)
SUMBER REFRENSI :